12.7.08

AGAR FLASHDISK AMAN DARI VIRUS DI WARNET

Salam Operator!!! Salam Indonesia!!!

Kalau anda adalah pengguna jasa warnet, berhati-hatilah terhadap bermacam virus yang ada di warnet. Namanya juga tempat umum, maklum kalau banyak sekali virus yang berkeliaran di jaringan warnet. Setiap ke warnet, tentunya anda selalu membawa Flashdisk, atau MMC atau apalah namanya. Nah, saya akan memberikan beberapa tips agar Flashdisk atau MMC anda aman dari virus.

1.Warnet biasanya menggunakan Deepfreeze, yaitu software yang membekukan operating system, sehingga ketika kompi direstart, maka akan selalu pada kondisi awal ketika pertama kali operating system di install. Artinya, segala macam virus, aplikasi, dan file yang ada setelahnya akan hilang dengan sendirinya. (Tapi ada banyak virus yang mampu menembus si “Freezer” ini.) Jadi, mintalah kepada Operator warnet untuk merestart kompi yang akan anda gunakan.

2.Kalau memang anda mau membuka file yang ada di flashdisk atau MMC, segeralah pindahkan file yang akan digunakan ke harddisk kompi yang bersangkutan pada saat anda belum membuka situs apapun, lalu segeralah cabut Flashdisk atau MMC anda. Jangan biarkan flashdisk atau MMC anda tercelup di kompi warnet terlalu lama.
3.Lengkapi flashdisk anda dengan antivirus. Hal ini untuk mengantisipasi kalau warnet tidak menginstal antivirus di kompi client. Antivirus portabel yang bisa anda gunakan antara lain adalah PCMAV dan ANSAV. (Anda bisa download secara gratis). Antivirus ini nantinya anda gunakan untuk menscan file yang baru saja anda download dari internet.

4.Jangan langsung anda pindahkan file yang baru saja anda download ke flashdisk atau MMC anda, tapi mintalah kepada Operator warnet untuk memindahkannya melalui komputer billing atau server Operator. Di komputer ini relatif aman, karena dilengkapi dengan beberapa software security pendukung.

5.Setelah file yang anda download sudah dipindahkan ke flashdisk atau MMC anda, mintalah kepada Operator agar menscan flashdisk atau MMC anda.

Saya kira baru itu saja yang bisa saya bagi kepada anda, Selamat mencoba, selamat berinternet dengan nyaman. -------------------- Tulisan Sejenis:
-----------------------

Tidak ada komentar: