15.9.12

Trojan dan Eropa dan Amerika


Tingkat keamanan internet yang sangat tinggi di belahan dunia barat (Eropa dan Amerika), membuat para pelaku 'kejahatan' internet semakin kreatif. Ini menurut Yury Namestnikov; Pakar laboratroium Kapersky. Malware terbaru yang dibikin oleh para 'penjahat internet'  saat ini sedang diujicobakan kepada para pengguna internet di Eropa Barat dan Amerika Utara. Atau; pengguna internet di Eropa Barat dan Amerika Utara menjadi sasaran pertama bagi malware terkini karena tingkat kompleksitas yang sangat tinggi di kedua wilayah tersebut. Sasaran dari teknologi malware terbaru ini adalah uang. Dan para 'penjahat' internet masih tetap menggunakan si kuda troya/Trojan.


Trojan yang berkembang di wilayah Eropa dan Amerika memiliki empat kelompok. Dari empat kelompok ini yang terbesar adalah jenis Trojan yang langsung menginfeksi komputer pengguna untuk kemudian mengirimkan data-data kepada si pembuat Trojan. Dan, untuk menghindari antivirus, Trojan ini mampu memodifikasi dirinya sendiri sehingga sangat sulit dilacak oleh antivirus; meskipun dalam keadaan ter-update.

Trojan yang sangat berbahaya bagi korban dan mesin ATM bagi pembuatnya adalah jenis Trojan-Banker, Trojan-Spy.Win32.Zbot, Trojan-Spy.Win32.Spyeyes dan Backdoor.Win32.Sinowal. Kalau komputer sudah terinfeksi dengan Trojan yang disebutkan tadi, maka para 'empunya' Trojan akan sangat mudah mengakses ke data perbankan yang disimpan dalam komputer tersebut.

- Trojan-Banker, Trojan-Spy, Backdoor; memiliki keahlian mencuri data sehingga mampu mengakses rekening Paypal, Ebay dan internet banking untuk kemudian melakukan perintah pembayaran yang dilakukan oleh si 'empunya' Trojan.

- Trojan-FakeAV ; Memiliki keahlian menginstal dan menjual aplikasi antivirus palsu.

- Trojan-PSW, Trojan-GameThief, Trojan-Spy; Memiliki keahlian pencurian akun di layanan berbayar, game online dan layanan lainnya seperti  Facebook dan Skype.


Bukan tidak mungkin kalau jenis Trojan tersebut sudah beredar cepat di Indonesia. Jadi, hati-hatilah dalam menggunakan internet. Lakukan langkah pencegahan, sebelum uang anda habis terkuras oleh 'mas Trojan".

Semoga berguna. -------------------- Tulisan Sejenis:
-----------------------

Tidak ada komentar: